Catatan Akhir Praktek Lapang

Duuhhh... Laptop gw kq ga bisa dipake ngenet yah?? Makanya rada basi deh baru ngeposting ni tulisan sekarang. Padahal uda diketik dari minggu lalu.
Yang jelas alhamdulillah dua bulan yang melelahkan, dimulai dari masa Ujian Akhir Semester yang langsung disambung dengan Praktek Lapang, akhirnya terlewati. Bukan berarti saatnya santai-santai jelas, karena semester baru udah dimulai. Emang ada sih waktu buat sedikit “menarik nafas panjang”, sebelum benar-benar harus menceburkan diri kembali ke aktifitas perkuliahan.
Tapi seperti yang pernah dikatakan dengan sangat bijak oleh seorang Ustadz dalam sebuah ta’lim entah dimana gw lupa, “istirahatnya seorang muslim adalah nanti, ketika kakinya telah menginjak tanah surga.” Uhuyy,, Mantaph pisan...
Udah lebih dari dua minggu sejak gw meninggalkan Solo. Bagaimanapun buat gw yang nggak punya kampung halaman (kampung gw Jakarta bow!!), Solo dengan segala keramahannya akan selalu gw anggep sebagai hometown gw selain Jakarta dan Bogor.
Gimana enggak?! Kurang lebih lima puluh hari gw disana ujan yang rada gede cuma turun dua kali, selebihnya cuma grimis kecil yang turun nggak lebih dari lima menit. Yang jelas bikin gw heran adalah waktu turunnya ujan itu. Cuma dihari gw dateng dan pulang. Serasa dikasi penyambutan dan salam perpisahan kan?
Atau lo mungkin berpikir itu cuma kebetulan? Bisa jadi. Keterbatasan akal manusia untuk menafsirkan hal-hal yang diluar nalarnya memaksa mereka mengatasnamakan kebetulan. Tapi yang jelas nggak ada kebetulan di mata Allah. Segala Puji bagi Ia yang Maha Mengatur.
Anyway, satu hal yang penting banget untuk gw syukuri adalah kesempatan gw untuk keluar dari zona nyaman gw. Yap, terus terang nggak semua hal yang gw rasain selama si Solo tuh cerita hura-hura penuh suka cita.
Pabrik yang jauh, kondisi dalem pabrik yang nggak nyaman (panas bo!! ada delapan line produksi dengan delapan steamer dan delapan dryer), konflik internal, pembimbing lapangan yang nggak bisa ditebak, beberapa orang narasumber yang nggak welcome kalo dimintain data, and many more... Cuma sebagian dari beberapa hal nggak ngenakin yang gw maksud tadi.
Tapi kesemuanya itu jelas justru bikin gw makin tough dan terutama makin bijak ngadepin semuanya. Gw berpikir, seandainya gw nggak di Solo, tapi di Bandung misalnya, di KPBS yang hampir aja jd lokasi PL gw. Dengan pemandangannya yang indah, makanan yang enak dan murah, serta teman-teman deket gw yang pastinya bikin hari-hari PL gw penuh warna. Apakah gw bisa lebih dewasa karena harus struggle ngadepin kondisi tidak nyaman yang gw dapet di Solo? Cepat atau lambat kedewasaan pasti bakal gw peroleh, namun apa yang terjadi di Solo bisa jadi salah satu faktor pemicu akselerasi kedewasaan gw. (Taelaa bahasanya... Hahaha)
Well, poin penting atau hikmah yang bisa diambil sebenernya udah sering kali gw ucapin buat memotivasi banyak orang. Tapi baru kali ini aja gw rasain dalam situasi yang benar-benar kompleks dan nyata. ”Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah lo adalah menghadapinya. Karena masalah nggak akan selesai kalo dihindari. Menghindari masalah cuma akan membuktikan kalo lo adalah pengecut.”
Mampus... Kemakan deh tuh omongan sendiri. Hehehe...
Oya, eniwei gw rada shock juga lho tadi pagi waktu lagi iseng dengerin radio. Gw denger iklan korek api yang namanya tokai. Bener yah ada yg kaya gitu?? Bujrutt... Makin aneh aja deh idup. Yah, terlepas dari kuping gw yang salah atau HP gw yang buat dengerin radio error lho, tapi Jangan2 ntar bakalan ada rokok mereknya kakus ataw lobang wc lagi. Secara korek api identik sama rokok, sebagaimana tokai yang identik sama lobang wc... Eh, malah sebenernya ada lobang yang lebih deket lagi sih sama tokai...

Waduh... kok jadi jorok gini sih?!

Previous
Next Post »
Thanks for your comment