Balada Kulineria Nesya: Kala Cimol itu Masih Hangat - Part 4

Lanjutan dari Chain Posting dengan tema Kuliner. Bagian pertama ditulis Dek PeGe, bagian kedua oleh Kang Asepsaiba, bagian ketiga Kang Chandra Iman

And gere goes the next part. Please enjoy... :)

***
          Setelah sampai ke tempat pengundian nomor urut lomba dan melihat calon lawan2nya dengan makanan yg menggoyang lidah dan mengguncang iman, tak urung membuat Nesya gentar.
          “Rai...”
          “Iya Sya?”
          “Kok gue jiper ya liat ini lawan2 kita. Kayanya makanannya enak2 banget.”
          “Hmm... sebenrnya sih gue juga Sya, tapi gimana dong, kan kita udah janji mau bantuin Aldo.”
          “Iya nggak apa2 sih, tapi gue kok ya gak pede kalo kita bikin cimol doang dari tales. Kita perlu bikin sesuatu yang spesial juga nih.”
          “Apa sih bok, ngobrol berdua aja?” Tiba2 Aldo nimbrung.
          “Hmm... ini Do, kita lagi bingung mau bikin apa buat di lomba, kayanya nggak seru kalo cuma bikin cimol. Bisa langsung kebantai kita. Kita perlu bikin masakan lain yang nggak kalah yahud dari lawan2 kita.” Nesya memberi penjelasan.
          “Ya gampanglah cyiin, yey punya kakak kan oke punya soal masak-memasak, kenapa nggak minta bantuannya aja?” Aldo memberi usul sambil menunjuk Nesya dengan gemulai.
          “Kakak gue gak bakal mau bantuin Do, dia kan orangnya suportif, pasti dia mikirnya gak adil kalo kita minta bantuan dia buat ikutan lomba masak.”
          “Hmm... oke juga kakak yey, prinsipil kaya Nicolas Saputra di AADC. Hmm... masih single gak?”
          “Do... fokus!!”
          “Oke, oke, kalo kakak yey gimana rein? Bukannya kakak yey pengusaha restoran yang terarmat sangat terkenal sedunia akherat?”
          “Gini ya Do, pertama gak usah lebay, kakak gw Kang Achoey cuma terkenal sedunia, belom seakherat. Dan kedua, dia gak bakal bisa bantu karena lagi sibuk ekspansi melebarkan daerah jajahannya. Lagi buka cabang mie jandanya ke daerah Pakuan.”
          “Woww... bakal makin tajir dong? Setau akika kakak yey ganteng kan bok?”
          “Ganteng, iya, tapi udah punya istri.”
          Seketika binar di mata Aldo padam.
          “Oke2, jadi gimana nih? Kita perlu cari tau deh gimana caranya bikin masakan yg lebih enak dari lawan2 kita. Gimana kalo kita ngedeketin mereka buat cari tau apa sih rahasianya supaya bikin masakan yg oke punya? Siapa tau mereka punya bumbu rahasia atau gimana gitu.” Nesya memberikan ide.
          “Oh boleh tuh, gw bakal ngedeketin Mailan alias Mai dari SMA Mardi Yuana.” Raina mengajukan diri. “Rumahnya nggak jauh dari gue, di daerah Suryakencana.”
          “Yess... kalo gitu akika bakal deketin Nico dari SMAN 1 Bogor. Doski kan ganteng abess, lumayan sekalian PDKT. Seperti kata pepatah, ‘sambil menyelam buang air’. Ihiiyy...”
          Nesya dan Raina merasakan ada nadi berdenyut di pelipis mereka, pusing liat kelakuan temannya yg ngondek satu ini.
          “Gini ya Do...” Nesya menjelaskan sambil berusaha sabar. “Maksud lo mungkin ‘sambil menyelam minum air...’”
          “Waah, kalo abis buang air diminum airnya itu jorok Sya...”
          “AAAARRGH... Gw sambit pake bakso setan lo!!!” Nesya sudah ambil ancang2 dengan menggenggam bakso gede berisi daging cincang yg enaknya amit2 itu (gimana caranya itu bakso setan bisa mendadak ada disitu, err, that’s beyond me... :P). Aldo berlari menjauh, gerakan refleks untuk memperpanjang umur. Karena bakso setan itu enaknya setengah mati, tapi konon katanya kalo ketimpuk bisa bikin mati beneran. Apalagi kalo ketimpuk ditengah rel kereta pas pakuan ekpress lewat.
          “Sabar Sya, sabar...” Reina menenangkan. Diskusi dilanjutkan dengan Aldo menjaga jarak aman dan Reina serta Nesya masing2 memegang segelas es doger Bojoloro. Diskusi dengan Aldo ternyata menguras tenaga dan emosi, juga bikin cepat haus.
          “Lanjut deh, Sya, tadi kayanya lo belom selesai ngomong.” Reina berinisiatif.
          “Kita fokus ke ngedeketin calon lawan2 kita itu, buat cari tau apa rahasia mereka biar bisa bikin masakan yang enak. Gue yang akan deketin Nico Do!” Nesya mendelik, Aldo sempat mendelik balik, tapi urung karena khawatir diguyur es doger.
          “Nyokapnya Nico itu temen pengajiannya nyokap gue Do, dan dia udah punya pacar. Pacarnya cewek, cantik lagi.”
          “Oya?? Semoga masuk neraka deh tuh cewek.”
          “JAHAT LO!!”
          “Jahat ya? Oke, minimal siksa kubur deh.”
          “...” Nesya dan Raina rekfleks memijit pelipisnya yg berdenyut. “Duhh Gustii...”
          “Jadi berhubung hari ini kita cuma ambil nomor undian dan lombanya masih minggu depan, kita pendekatan ke calon lawan2 kita, buat tau apa rahasia masakan mereka. Biar kita bisa bikin masakan yg lebih enak lagi.”
          “Oke”
          “Sip.”
          “Eh Do, sebelom misah gw mau nanya dong.” Teriak Reina. Aldo menoleh. “Lo kenapa jadi melambai gini sih, perasaan dulu pas SMP lo macho deh.”
          “Bok, gini ya... Di jaman sekarang ngondek itu lifestyle. Coba liat Ivan Gunawan, Olga Syahputra, ngondek dan tenar. Jadi buat cowok hari gini tuh ngondek biar gaul, macho mah so last year gitu loch. Yaudah ya cyiiin, akika capcus dulu. Kabar2in kalo udah dapet hasil. Daaah...”
          “Kalo gue cowok gue mendingan katro dah...” lirih Reina.
          “Gu... gua juga.” Nesya nggak kalah lirih.

***
          Beberapa hari setelah itu pendekatan dimulai. Nesya dan Raina mendekati target operation mereka. Berbagai upaya pendekatan dilakukan mulai melakukan trik-trik cantik sampai maneuver-manuver ciamik untuk mendapatkan perhatian, dari mulai tebar pesona sampai tebar paku payung di jalan.
          Dan pendekatannya berbuah hasil, dihari ketiga Reina sedang mampir ke rumah Mailan alias Mai untuk ngobrol2.
          “Mai, menurut lo apa yg bikin masakan itu enak?” Raina bertanya tanpa basa-basi.
          “Kalo menulut wo itu telgantung motivasi lu olang sebagai pembuat masakannya, Lei.” Mai yang beretnis Tionghoa itu menjawab.
          “Tergantung gimana ya?”
          “Sini deh wo tunjukin, lu olang lagi gak bulu2 kan? Kita sambil jalan2 aja yuk.” Mai mengajak Raina jalan2 keluar rumahnya yang di daerah Suryakencana. Di perempatan Gang Aut, Mai berbelok, masuk ke kios kecil.
          “Ini tempat favolit wo kalo jajan dali kecil, sulabi kuah Pak Tohil.”
          “Hah.. Tohil?”
          “Iya Tohilll...!”
          Melihat Raina masih bingung Mai menunjuk ke spanduk di depan, tertulis Surabi Kuah Pak Tohir. Ooh, maksudnya Tohir. Batin Raina dalam hati. Susah emang ngomong sama orang cadel.
          “Terus gimana?”
          “Iya, Pak Tohil ini udah dari lamaaa... banget jualan sulabi, dari wo belom lahil malah.” Mai melanjutkan bercerita sambil ngemil surabi kuah yang enaknya selangit. Surabi empuk dengan kuah manis yang oke punya. “Dan Pak Tohil telus berljualan selama itu kalena dia sayang sama pembelinya.”
          “Sayang?”
          “Iya, lu olang tanya aja sama Pak Tohil. Iya kan Pak?”
          Pak Tohir yang sedari tadi mendengarkan tersenyum, lalu mengangguk. “Dulu Bapak pernah neng berhenti jualan, abis penghasilannya gak seberapa, anak Bapak banyak, ada 11 (ini beneran loh!!), Bapak pengen berhenti jualan cari penghasilan yang lain. Tapi ternyata banyak yg nyariin, katanya kangen sama Surabi Kuahnya Bapak. Ya udah Bapak jualan lagi. Apalagi banyak pembeli Bapak yang udah beli dari kecil. Ya kaya neng Mailan ini. Bapak udah anggep kaya anak sendiri. Suka seneng banget kalo banyak pembeli yg udah pada sukses balik ke Bogor nyempetin mampir kesini. Udah kaya reuni deh Bapak.”
          Pak Tohir mengakhiri ceritanya. Raina baru sadar sesuatu.
          “Bisa ya rasa sayang itu tersalurkan ke makanan?”
          “Menulut lu sulabinya enak gak?”
          “Enak. Banget.”
          “Nah itu lasanya sama kaya peltama kali Pak Tohil jualan taun ‘80an awal. Kalo dia gak sayang mah abis kena klisis lasanya belubah dong, kan bahan2nya pada jadi mahal abis klisis.”
          Raina tertegun. Sesuatu yang dalam buat dia.
          “Sini deh, ikut wo lagi.” Gadis bermata sipit itu menyeret Raina keluar. “Lu olang tau kan kalo salah satu yang bakal wo tampilin di lomba masak itu es bil kocok? Nah ini yg jualnya, mau coba?”
          “Ah gila, bir kan minuman keras yang memabukan kata Bang Oma!”
          “Bang Oma bakal melevisi lagunya kalo dia udah coba bil yg satu ini. Lu olang mesti coba. Satu ya Kang...” Raina memperhatikan si akang penjual Es Bir Kocok meracik minumannya. Yg penting ternyata waktu dikocok sambil dikasih es, bikin dinginnya merata dan sedikit berbuih.
          Tegukan pertama es bir kocok memberikan sensasi unik buat Raina. Campuran rasa dingin karena es dan hangat di tenggorokan karena campuran bahan birnya. “Sinting, ajaib banget rasanya.” Raina nggak bisa menahan tawa sampai tersedak.
          “Nah sama kaya Pak Tohil, Kang Eman yang jualan ini juga udah beljualan es bil kocok dali lama.”
          “Udah berapa lama Kang?”
          “Sayah mah baru dari 2001 jualannyah...” Kang Eman menjawab dengan logat sunda yang kental.
          “Ooh, lama juga, hampir 10 tahun.”
          “Tapi Abah sayah udah dari tahun ‘60-an jualan, saya mah nerusin ajah.”
          “Haahh... berarti es bir kocok ini udah ada dari 50 tahun yang lalu dong. Ajegilee...!!”
          “Yaah, ini keinginan Abah sayah, biar usahanyah ada yg nerusin. Kata Abah juga biar makanan tradisional ngga ilang, kudu ada yg nerusin jualan. Biar ada yg ngelestariin ceunah.”
          Kembali Raina terdiam.
          “Nah lu olang tau kan yg wo maksud kalo lasa sayang itu mempengaluhi lasa makanan?”
          “Iya Mai, gua ngerti, makasih ya...”
          “Sekalang lu olang bayalin ya ini bil kocok sama sulabi kuah tadi, owe gak bawa uang dali lumah, hehehe...”
          “Ha?”

***
           Sementara itu di tempat berbeda Nesya sedang jalan berdua dengan Nico. Saat ini mereka sedang menunggu pesanan nasi kebuli yg mereka pesan. Setelah diam agak lama Nico menginisiasi pembicaraan.
          “Kamu tau gak? Kalo rumah makan Kabuli ini sering jadi tempat singgahnya orang-orang Arab yang mau atau dari Puncak? Jadi cita rasa nasi kebuli disini pasti asli dan khas Arab.”
          “Oh ya? Gue baru tau lho Co.” Nesya menjawab. Kemudian diam lagi.
          Sebetulnya mereka sudah kehabisan bahan pembicaraan, mengingat sejak sore mereka sudah jalan berdua dan mencoba berbagai makanan di Bogor. Diantaranya Mie Ayam Bojoloro Komplit dan Lele Saus Padang yg asli maknyus di Pecel Lele Lela. Agak mengherankan memang kalau cewek sekecil Nesya hobi makan.
          Yup, Nesya selalu menyebut makan setiap kali ditanya hobinya apa, alasannya dia sudah makan dari kecil dan sampai sekarang nggak pernah bosen (yaiyyalaah!!). Jadi jangan heran kalau nasi padang dan tumpeng aja sih kaya cemilan buat Nesya. Yang justru mengherankan adalah biarpun makannya banyak tapi badan Nesya seramping Vanessa Hudgens, cuma pipinya aja agak chubby (sebagian Sobat Muda, terutama yg cewek, pasti berpikir ini mah bisa2nya Irvan aja yg nulis blog. Well, this is fiction anyway, just mind about that... :P).
          Nggak berapa lama pesanan Nasi Kebuli mereka datang. Aroma Nasi Kebuli yg penuh rempah2 dan potongan daging kambing dan sapi kaya bumbu terlihat sangat menggiurkan, sampai Nesya langsung menyantapnya.
          “Nes, lapar ya? Sampe buru2 gitu makannya. Berdoa dulu dong.” Nico mengingatkan sambil tersenyum.
          Nesya tersipu. Duhh, si Nico udah ganteng perhatian pula, tau aja kalo gw belum baca doa, batin Nesya. Nesya sejenak membaca doa. Lho tapi kok dia malah ngantuk?? Oh ternyata tadi dia salah baca doa tidur, bukannya doa makan. Setelah baca doa yang benar dia mulai makan.
          “Co, menurut lo apa yang bikin sebuah masakan itu enak?” Giliran Nesya menginisiasi pembicaraan, sambil berusaha mengorek informasi.
          “Hmm... Tergantung...” Sambil mengunyah makanan.
          “Apanya yg digantung? Eh, maksud gw tergantung apaan?”
          “Tergantung dengan siapa aku makan.”
          “...??”
          “Aku nggak suka daging kambing dari kecil, tapi Nasi Kebuli ini berasa enak banget karena aku makan bareng cewek secantik kamu.”
          Blush. Nesya tersipu.
          “Ma... maksud lo??”
          “Hihihi, kamu kalo lagi senyum lucu ya, pipi kamu jadi bulet kaya cimol.” Bukannya menjawab Nico malah meneruskan jurus Gombal bin Gembelnya, sambil mengelus pipi Nesya.
          Blush lagi.
          Nesya merasakan cimol di pipinya menghangat ...

Bersambung . . . ke blognya Mba Ismi :)
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
13 November, 2010 14:23 ×

haa,,jadi pengen makanannya kak cumi
hheheh,,btw saus lele padang tu ad dmna ya kak lokasinya??

Reply
avatar
irvan
admin
13 November, 2010 14:29 ×

Di pece lele lela ghest, yang deket kelenger burger, diantara air mancur dan rumah sakit salak itu tuh...

Reply
avatar
echa
admin
13 November, 2010 14:38 ×

geloooo gw jadi laparrrrrrrrrrrrrr

hihihihi
ini bener2 sputaran makanan bogor
gut job

Reply
avatar
cucuharis
admin
13 November, 2010 14:45 ×

Udah nyambung, keren abiez lagi.
Good job

Aldo, tetap bisa kok kita hehehehe :D

Reply
avatar
chandra iman
admin
13 November, 2010 15:00 ×

mantab coy :) suka berkuliner ria rupanya bro irvan ini ^^

yg punya pecel lele lela kebetulan temen daku van

Reply
avatar
MT
admin
13 November, 2010 20:22 ×

hebat! hebat!
senang sekali menyaksikan geliat ngeblog barudak blogor dg adanya chain posting ini.
ini sebuah permainan yg menantang. dan Irvan berhasil banget melanjutkan tugasnya!

Reply
avatar
red86angel
admin
14 November, 2010 12:54 ×

kereeeeennnnn... pinter banget nyambungin ceritanya :D

Reply
avatar
missjutek
admin
14 November, 2010 16:48 ×

Ya, bagi yang menunggu-nunggu ending dari cerita ini, silahkan mampir di blog saya... :D

Hebat Van, kau memberiku lebih banyak inspirasi lagi... hihihihi...

Reply
avatar
irvan
admin
14 November, 2010 21:29 ×

Assooyy, alhamdulillah kelompok kuliner paling pertama selesai. Sang pupuhu pun sumringah liat barudak blogor pada semangat, happy endiiiing ... :D

Kang iman, boleh dong dikenalin sama yg punya pecel lele lela, kali aja dapet gratisan lele saus padangnya saya iklanin, hihii... *ngarep

Reply
avatar
siuninadia
admin
15 November, 2010 06:09 ×

kak irvan, akhirnya sayah ninggalin jejak juga di blog anda :D
demi ngeliat postingan kak irvan yang bertabur makanan, kayaknya ga afdhol kalo gak ninggalin jejak.. hahaha
emang gak salah deh, kak irvan dapetnya bagian makanan. postingan kak irvan sukses bikin sayah ngiler. tanggung jawab nih kak, ajakin saya wiskul di bogor #ngarep
two thumbs up buat kak irvan :)

Reply
avatar
ontohod
admin
15 November, 2010 08:23 ×

set dah jadi laper parah gw... *ngileer

Reply
avatar
anKa
admin
15 November, 2010 10:20 ×

good job kang... bener2 menggugah selera... *ngeces
jadi pengen kuliner euy... ada yang mau nemenin gak nih...

Reply
avatar
irvan
admin
15 November, 2010 20:44 ×

Makasih semuanya, tiada penghargaan yg lebih tinggi daripada pengakuan kalo tmn2 yg abis baca pada ngiler, hehehee...

Eh kalo mau kita napak tilas wisata kuliner makanan2 yang ada di tema kuliner aja yuks, nanti kang Iman tuh yg jadi Project Officernya, hihii... *asal tunjuk

Reply
avatar
Thanks for your comment