Untuk para orang tua kita...

Waktu gw pulang ke jakarta jumat malem kemaren gw langsung sadar ada yg beda dari bokap, walaupun cuma ngeliat sepintas. Bokap keliatan lebih lemes. Gw heran karena ngga biasanya bokap ketiduran di ruang tamu. Tumben banget bisa ketiduran padahal bokap paling jago soal begadang. Udah gitu waktu itu masih jam 9-an dan di rumah gw lagi rame, ada nenek dan tante gw.
Setelah gw perhatiin lagi, jempol kaki kiri bokap diperban, dan waktu bangun jalannya juga pincang. Ow... that must be bad! Batin gw dalem ati waktu itu.

Dan yup, it was bad... Dari cerita nyokap gw baru tau kalo penyakit diabetes akut yg bokap derita ternyata bikin kakinya bengkak gede banget awal minggu lalu! Makanya dari hari selasa bokap ngga kerja dan cuma di rumah aja. Parahnya... Ga ada yg ngasi tau gw di Bogor!!

Nyokap waktu itu berinisiatif manggil dokter dari RS Cipto ke rumah. Dan (masih) berdasarkan cerita dari nyokap yg lumayan bikin gw ilang napsu makan, kaki bokap ditreatment yg mencakup dibuangnya darah, nanah, dan daging mati di jempolnya. Meninggalkan lobang merah yg menganga sedalam sekitar 1 cm di jempol kiri bokap.

Kemaren sore gw "cukup" beruntung karena ada di rumah waktu dokter dari RS Cipto dateng lagi untuk ngebersihin dan ngaganti perbannya. Dan gw ngeliat prosesi "berdarah" itu. Selama itu pula gw berusaha keras untuk pasang tampang lempeng dan wajar. Walaupun gw sadar kalo muka gw pasti udah pias karena jiper.

Setelah dokternya pulang gw nemenin bokap yg masih duduk di ruang tamu. Pertama kalinya gw duduk berhadapan sama bokap di ruang tamu setelah sekian lama. Ngerasa ada yg kurang, karena biasanya ketika kita berdua duduk dengan posisi kaya gitu adalah sambil saling ngelempar argumen.

"Sakit, Yah, kakinya?" Tanya gw basa-basi.
"Ngilu."
"Oh."
"Tapi bukan disitu," kata bokap sambil nunjuk kaki. "Disini ngilunya," kali ini sambil nunjuk dada.
"Cuma sugesti aja kali, Yah."
"Iya sih."

Selanjutnya hanya hening yg berbahasa.

Dalam hati gw ngerasain rasa ngilu yg sama. Tapi terasa lebih menohok karena seolah2 menyadarkan gw. Betapa ternyata bokap gw udah tua. Seharusnya udah saatnya dia banyak istirahat dan gw yg bekerja untuk ngebahagiain dia. Sebelum2nya nyokap dan ade2 gw juga udah sering banget nyuruh bokap untuk istirahat, tapi selalu aja dipatahin sama pertanyaan balik: "Kalo ayah kebanyakan diem nanti yg nyari uang siapa?"

-JLEBB-

Gw berkaca sama diri sendiri. Gw selalu sibuk di kampus sampe terkadang jarang pulang. Sibuk ngejar sesuatu yg menurut gw penting untuk bekal gw di masa depan, sampe2 sering lupa sekedar ngasi kabar ke orang rumah. Berharap kalo apa yg sekarang gw kerjain bisa bikin bokap-nyokap bangga nantinya. Tapi gw justru ngelupain perhatian. Hingga pada akhirnya gw nanya sama diri sendiri: Apa yg udah gw lakukan sampe bisa disebut berbakti?

Dan akhirnya, setelah tadi malem gw ngajak swift baru gw jalan2, gw sempet tercenung sambil ngeliatin interior mobil buatan jepang itu. Beberapa bulan yg lalu sebelum bokap beli ini mobil, bokap minta fotokopi ktp gw. Katanya mobil barunya mau dibuat atas nama gw aja, biar kalo bokap uda ngga ada, ngga repot ngurus balik nama, dll-nya.

Gw ngerasa ada yg menggodam telak di ulu hati. Pernah suatu masa dalam hidup gw, gw marah abis ke bokap karena ngga mau ngasi gw HP, ngebeliin gw motor, atau ngijinin gw make mobilnya. Dan sekarang, saat gw uda bisa dapetin itu, gw justru rela banget untuk nuker semua hal yg gw punya asalkan bokap gw bisa sehat lagi.

Sumpah, gw rela...

Sobat muda... Buat elo yg sekarang lagi baca postingan ini, gw mohon keikhlasan hati lo semua untuk sejenak ngedoain bokap gw, supaya cepet sembuh. Juga buat nyokapnya si Dia yg udah beberapa hari ini sakit. Semoga Tante juga segera diangkat penyakitnya yah. Dan juga untuk para orang tua kita dimanapun mereka berada. Semoga selalu dalam lindungan Allah...

Ehm, gw jadi ngga enak. Karena kepikiran soal bokap gw jadi BeTe ga jelas seharian gini sama si Dia. Padahal gw rasa dia justru lagi butuh dukungan karena harus ngerawat nyokapnya.

Maafin aku ya Neng...
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonim
admin
04 Desember, 2008 16:23 ×

maaf kak, saya agak bingung baca beberapa tulisan kakak. kakak senang karena ramadhan bersama perempuan yang belum jadi mahram kakak?
kakak sayang ayah kakak kan?
maka jadilah anak sholeh. ya gak kak? yang menjauhi apa2 yang Allah murka kepadanya.
saya tau kakak pasti mengerti.
atau saya yang terlalu berekspektasi dengan apa yang saya dengar tentang kakak sebelum membaca blog ini?

maaf.

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment