Program D3

Apa bedanya orang pelit sama orang hemat? Hmm,, menurut gw kurang lebih gini: orang hemat itu suka ngirit kalo buat diri sendiri. Tapi ga perhitungan kalo buat orang laen, apalagi kalo emang dasarnya baik. Nahh, kalo orang pelit justru sebaliknya. Perhitungan setengah mati buat orang laen, tapi buat dirinya sendiri malah foya2.

Anyway,, berhubung gw ngga pelit (walaupun ngga masuk kriteria hemat juga), dipostingan kali ini gw mau bagi2 sesuatu yang berguna, sobat muda. Bukan duit pastinya! Yg gratis2 aja: ilmu.

Ilmu yg uda sering gw praktekin hampir selama empat tahun gw jadi anak kost. Ilmu yg udah berkali2 nyelametin idup gw dari penderitaan sebagai mahasiswa rantau (padahal ngerantaunya jg ga jauh2 amat!). Ilmu yg kesaktiannya udah melegenda karena sakti mandraguna (yahh, seperti biasa, hiperbola). Gw menamakan ilmu ini program d3, alias Diet Demi Dompet!

Gw pribadi sering ngejalanin program ini bukannya karena pengen sehat atau kurus, tapi lebih karena kepengan menghindari dompet gw dari pendarahan kronis yg akut. Yg seringkali bikin idup gw suram ga berwarna. Deritanya anak kost… T_T

[pertama] Tentuin dulu dari awal, berapa uang makan yg pengen lo keluarin per harinya. Misalnya Rp 15.000,-. Setelah itu coba untuk disiplin dan nepatin itu jatah. Tapi yg perlu diinget juga kudu manusiawi dalam nentuin jatah uang makan per hari. Dulu di awal2, gw nentuin uang makan gw sehari delapan ribu perak. Ngga heran setelah sebulan lebih ngga pulang ke rumah nyokap histeris ngeliat gw kurus banget.

[kedua] Setelah itu screening Indonesian fast food (baca: warteg*) di daerah sekitar rumah atau kost2an lo yg kira2 potensial buat jadi tempat langganan lo makan. Kriterianya: murah dan nasinya banyak!

[ketiga] Atur waktu makan, usahakan se-fleksibel mungkin. Misalnya makan pagi sama makan siang digabung jadi makan jam 11. Dan makan siang dan makan malem digabung jadi jam 6. Jadi sehari lo makan Cuma dua kali. Berdasarkan penelitian sih makan terlalu malem juga ga baik buat kesehatan. Dan orang bisa jadi gemuk itu bukan karena banyak makan, tapi karena sering makan. Get the difference between that things, don’t you?

[keempat] Ngomongin soal menu, walaupun ngirit tapi kandungan gizi jangan sampe ga diperhatiin. Minimal karbohidrat dari nasi, serat, sama protein juga jangan ketinggalan. Serat bisa didapet dari sayur, nah tinggal proteinnya. Biar ngirit cara ngakalinnya gampang aja, protein yg biasanya kita makan dari daging atau ikan diganti jadi dari tempe/tahu atau telur. Tetep enak kok. Tanya aja para vegetarian!

[kelima] Untuk mencukupi asupan vitamin jangan lupa makan buah juga setiap harinya. Minimal satu buah pisang atau jeruk. Kalo emang ga biasa atau males makan buah ya bisa diganti dengan ngisep vitacimin atau sejenisnya yg lebih praktis. Asal jangan ngisep lem aibon ajah! Teleng nanti lo bisa2…

[keenam] Biasain buat nabung setiap hari, walaupun cuma seribu atau limaratus, atau bahkan seratus perak (boleh diluar uang jatah makan tiap hari). Bakalan berguna banget in case of emergency! Gw pernah ngerasain yg kaya gitu, miskin-semiskin2nya sampe sehari hampir cuma makan coklat yg dikasi si Dia doang. Nangis dah nyokap gw kalo sampe tau…

Nah, Sobat Muda! Mudah2an ilmunya berguna buat elo2 semua. Tolong dipraktekin dengan benar dan jangan disalahgunakan. Karena ini ilmu yg lebih paten daripada ilmu meringankan tubuh, gw menyebutnya ilmu meringankan hidup.

Cheers,, :D

*kalo konsep fastfood itu makanan siap saji yg dihidangkan seketika itu juga, yaa… sama dong kaya warteg :P

Previous
Next Post »
Thanks for your comment