Patungan Online

Jauh sebelum istilah crowdfunding dikenal bule-bule di luar sana, masyarakat Indonesia udah kenal yang namanya jimpitan atau patungan. Asal katanya dari jimpit atau jumput, alias mengambil dengan ujung jari. Soalnya orang-orang dulu suka ngumpulin beras seujung jari yang nantinya digunakan buat biaya perkumpulan desa.

Soal jumlahnya apa bener cuma seujung jari saya juga kurang tahu deh, tapi yang pasti kalo tiap orang nyumbang segitu setiap hari dan dalam satu desa ada minimal 100 orang tentunya akan banyak juga yang terkumpul dalam sebulan.

Hari berganti dan waktu berlalu, ngumpulin beras semakin ditinggalkan karena dianggap gak asik. Bukan. Bukan berarti sekarang jimpitannya pake burger, cuma berasa kurang fleksibel aja buat alat tukar. Tapi yang pasti semangat patungannya tetap dipertahankan, orang-orang cuma mengganti barang yang dikumpulinnya aja. Pake uang misalnya.

Nah, semangat macem itu juga yang dimanfaatkan temen-temen Sabang Merauke buat menjalankan gerakannya.

Apa itu Sabang Merauke? Kamu bisa baca lebih jauh di website mereka Sobat, www.SabangMerauke.org. Yang jelas buat mewujudkan gerakan ini kita nggak cuma patungan uang, tapi juga waktu dan keahlian.

Saya? Ikutan doong… Tapi tentunya saya patungan di bidang yang sesuai kapasitas dan kapabilitas saya, audio visual.

Nah ini video yang saya buat untuk bantu mempromosikan Sabang Merauke…


Any comments, Sobat Muda? :) 

Kalo emang videonya bagus sih harusnya cukup menjelaskan ya apa itu Sabang Merauke, jadi saya nggak perlu ngejelasin lagi, hehehe. Yang pasti banyak yang tertarik buat ikutan gabung dan membantu gerakan ini. 

Nah, saya mau buka kesempatan buat kamu yang mau ikutan patungan di Sabang Merauke, dengan bikinin subtitle dari video diatas. 

Caranya:

  1. Tonton lagi video Sabang Merauke
  2. Translate ke bahasa Inggris baik tulisan maupun kata-kata yang diucapkan
  3. Kirim hasil translate-nya ke irvansetya@gmail.com
  4. The rest is my turn. Saya yang akan gabungin subtitle-nya ke video
Gampang kan? :) 

Kalo kata Kak Tidar yang jadi Project Leader gerakan Sabang Merauke, “Biar yang lain aja yg translate, supaya bagi-bagi jatah patungannya.” Kalo kata saya, “Alhamdulillaaah… Kebetulan enggres guah pas-pasan.”:D 

Akhir kata, saya pribadi dukung banget gerakan ini karena sesuai dengan prinsip saya dalam berkarya, to be inspired by inspiring peoples. 

Kamu gimana, Sob? Ikut patungan, yuk… :) 

------ 

UPDATE : 

Videonya udah di translate sama Kak Vikra Ijaz. Dan link-nya bisa diliat disini. 

Responnya cepet bgt dan hasil translatenya dikirim jam 3 pagi. Standing ovation buat Kak Vikra dan semangatnya ngebantu Sabang Merauke.

Thanks a lot, Bradeur. Cuma Allah sebaik-baik pemberi balasan ;)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment