Matakuliah dari Neraka

Hey sobat... Musim ujian baru berlangsung 3 hari nih. Ujian gw jg baru hari ini doang. Tapi rasanya gw lemes banget abis ujian 1 ini. Cape luar-dalem-lahir-batin-dunia-akherat deh. Karena matakuliah yg gw hadapi adalah SATOP alias SATuan OPerasi... jeng..jeng..jeeeng... (backsound musik serem)

Buat sobat muda yg bukan anak Teknologi Industri Pertanian IPB dan ga pernah ngerasain dapet nih matakuliah neraka mungkin bertanya sambil mantun..

SATOP??
Makan baso' di pesawat ke Solo..
So what gitu lo?!

Buat anak TIN yg otaknya seencer dodol juga mungkin akan bertanya demikian (dodol mana sih yg encer?? Goblok lo Cum?!), walaupun pastinya sempet ngerasain kram otak gara2 dihajar fenomena transpor fluida, humidification, distilation, sampe pindah panas yg nauzubilaminzalik ajibnya...
Gw?? Beuh... ga level sama kram otak. Pendarahan sumsum tulang belakang lebih mungkin...

FYI sobat muda, gw udah 3 kali ngambil matakuliah ini. It means 2 kali ngulang. Yup, 2 kali ngulang,, (sekali lagi ahh) 2 kali ngulang.. Entah kenapa ujian SATOP tuh ga pernah indah buat gw. Eits, jgn salah lho, bukan karena gw ga belajar. Waktu UTS pertama gw kena kasus sama dosennya gara2 lupa masukin catetan ke dalem tas, dikiranya gw nyontek tuh catetan, akhirnya nilai gw dikurangin walaupun gw uda ngebela diri dan bilang keberatan,, dosennya cuma ngejawab. "Kamu keberatan?? Makanya diet!!" Gw bengong... (ngga deng, bo'ong, dia ga bilang gitu =P)

Waktu UTS yg kedua gw uda belajar setengah mampus dari 2 hari sebelom ujian. Bahkan sampe minta tolong ajarin sama temen yg udah lulus, walaupun abis itu dia minta sesajen sebagai ganti upeti tapi bagi gw ga masalah, yg penting gw ngerti.
Dan alhamdulillah semua contoh soal2 taun sebelumnya yg ada gw lalap abis dan gw hafal konsepnya di luar kepala (iyalah di luar kepala, tp kan di dalem buku =P).
Tapi malang tak dapat ditolak, Untung sepupunya Donal Bebek.. Dosennya ngeluarin soal yg laen dari yg udah2. Alias beda dengan contoh soal taun2 sebelumnya. Walhasil mimpi buruk lagi buat gw... Gw ga bisa.

Ujian2 di kesempatan laennya juga begitu. Nothing banget...
Dan yg lebih parah tentunya ujian hari ini. Karena selain ujian satop, ada 2 tugas kuliah dan 1 laporan yg kudu dikumpul hari ini. Untungnya 1 tugas itu tugas kelompok, jadi gw minta dispensasi dibebastugaskan sementara gw harus berjibaku ngadepin matakuliah laknat ini.
Tapi gara2 waktu belajar yg kurang, porsi tidur yg cm sedikit dan bau badan tetangga gw yg ga sedap (emg ga da hubungannya sih..), gw jadi kurang persiapan sama sekali. Tingkat kepercayaan diri gw menurun ke titik terendah waktu masuk ruang ujian. "Oh my goat..." batin gw putus asa. "Gw uda kaya mo ngadepin tiang gantungan."

Dan bener aja.. 10 menit awal ujian gw masih cengar-cengir sambil jawab soal essay. "Kalo cuma pengertian dan aplikasi distilation sama liquid extraction di industri mah cemen.." Ujar gw dalem ati, jumawa.

Berlanjut ke setengah jam berikutnya gw udah garuk2 kepala ngadepi soal hitungan. Keringet segede2 biji jagung mulai nongol, gw lupa konsep soalnya. Gw celingukan liat kiri-kanan-depan-belakang, temen2 gw lancar2 aja ngejawabnya. Mungkin mereka emang udah belajar sampe jungkir balik sebelomnya, makanya bisa.
Nah gw?? Jungkir doang, baliknya lupa...

15 menit terakhir sesi pertama (ujiannya dibagi 2 sesi soal karena ada 2 dosen yg ngasi soal beda) rasanya gw pengen nyanyi lagunya Ahmad Dhani & Andra Ramadhan yg judulnya Kuldesak. "Tolonglah Tuhaaaaaan... Beri petunjuuk-Muuuu..." Nge-stuck abis. Ga ngerti.

Dan ketika sesi pertama selesai, gw cuma bisa pasrah ngeliat lembar jawaban gw dibawa pergi sama pengawas. "Bye lembar jawaban. Semoga Allah menunjukan keajaiban-Nya kepada kita.. hiks.. hiks.. Srrooottt.." (buang ingus). Berlanjutlah perjuangan gw ke sesi kedua.

Tapi ternyata sesi kedua jadi living hell bukan cuma buat gw. Hampir seisi kelas ga bisa ngerjain soal2 yg dikasih. Hehehehehe, gw cengengesan ngerasa ada yg nemenin. Salah satu ciri orang bego mungkin adalah ga bisa ngerjain soal ujian. Tapi orang yg sempet2nya ketawa-ketiwi ngeliat temen2nya ikutan ga bisa ngerjain soal ujian jelas bukan bego. Itu lebih mengarah kepada goblok permanen. Yaiyyalah,, kalo uda gitu sapa yg mau ditanyain buat minta contekan?? Lha semuanya ngga bisa. Tapi ini malah seneng... Hwaduuh Gusti...

Asli deh, soal pindah panas dan ekstraksi dari Bu Er... bener2 maut. Sekali baca soalnya gw ngucek2 mata ga percaya (dan ga ngerti juga), dua kali baca soalnya gw mangap2 ngerasa pengen muntah, makin lama dibaca idung gw mimisan bisa2. Pengen rasanya abis itu bunuh diri makan terasi basi campur biji besi, keselek keselek deh.. T_T

Nggak salah lah kalo kadang gw pikir SATOP itu matakuliah dari neraka. Gw suka ngebayangin malaikat Malik nyiksa para penghuni neraka pake soal2 SATOP. "Kerjain soal2 ekstraksi ini dalam waktu 5 detik!! Atau kamu yg akan diekstraksi pake lava panas dari Gunung Visuvius!!" Mungkin begitu kata malaikat Malik.

Hiii, ngebayanginnya aja begidik... T_T
Previous
Next Post »
Thanks for your comment