Kambing Jantan The Movie dan Sebuah Refleksi

Sobat mudaa, ncang, ncing, nyak, babe para pembaca setia CumyPoenya. Gw baruuuu aja nonton Kambing Jantan The Movie! Abis nonton film itu gw ngerasa salut dan bangga sama Raditya Dika. Salut karena ini adalah film pertama yg diangkat dari blog, dari kehidupan seorang biasa yg semua orang bisa ngalamin. Membuktikan kalo blogger itu bukan sekedar orang2 iseng yg kelebihan waktu luang dan terlalu narsis sampe2 mem-publish kehidupannya sendiri, blogger bisa melakukan apa aja selama kita mau. Dan juga bangga karena gw salah satu dari sekian banyak blogger yg ada di muka bumi, hehehe.

Mengenai filmnya, menurut gw nih yah,, dari segi cerita tuh film uda cukup bagus. Jalan ceritanya jelas dan konflik yang ditampilin juga terlihat. Walaupun sayangnya kalo dari segi pemain Raditya Dika keliatan kebanting aktingnya sama pemeran pendukung laen yg kaya Edric Tjandra sama Herfiza Novianti. Juga sama yg meranin bokap-nyokapnya. Dika di film itu kebanyakan bengongnya. Dan beberapa voice over yg dikeluarin Dika ngga berasa feelnya. Ada bagian ketika dia nyeritain sesuatu yg seharusnya riang tapi ngga pake smiling voice, tapi untungnya dikit. Begitu juga akting dari ade2nya Dika yg asli. Scene ketika Edgar cepirit di celana sebenernya bisa jadi lebih lucu kalo Edgarnya lebih ekspresif. Tapi ya berhubung emang bukan artis beneran sih ya gw maklum2 aja.

Laen lagi sama karakter Harianto yg dibawain Edric. Dia bener2 ngidupin nuansa komedinya, nutupin kegaringan yg mungkin terjadi, trus ngubah itu jadi sesuatu yg kocak secara natural, ngga berasa kalo dia lagi ngelawak. Rasanya kaya emang dia lugu beneran. Dan karakter kebo yg dimainin Herfiza Novianti jg bener2 menghadirkan nuansa dramanya. Bener kalo di blognya Dika pernah bilang kalo film ini fokus ceritanya tentang kisah cinta Dika-Kebo dan persahabatan Dika-Harianto. Dan kalopun film ini dikategorikan sebagai drama komedi, dua orang itu yg bener2 membangun feel drama dan komedinya. Salut sesalut2nya buat Edric dan Fiza!

Anyway, walaupun begitu ada beberapa temen gw yg tetep bilang filmnya ga terlalu bagus. Ngga ah, gw bilang cukup bagus kok. Awalnya gw pikir masalah selera. Tapi setelah gw pikir2 nih ya, film Kambing Jantan The Movie terasa bagus emang buat orang2 tertentu aja. Yg mungkin uda pernah ngalamin hal2 yg nyerempet sama kaya yg dialamin Dika. Gw ngeliat film ini bagus justru karena kesederhanaan jalan cerita dan dialog tokoh2nya. Sehingga memungkinkan siapa aja buat ngalamin hal kaya gitu, dan akhirnya mikir ‘ih iya, gw banget!!’.

Gw nonton film ini bareng nad2, ade kelas gw di jurusan yg uda gw anggep ade tiri, oh well, ade kandung gw sendiri. Berhubung emang profesi gw sebagai pelacur (baca: penerima layanan curhat) dan nad2 lumayan sering curhat ke gw, gw ngabisin hampir setengah film ngakak ngetawain nad2 yg kesindir sama scene2 Dika-Kebo. Dan, ehm, ngetawain diri sendiri juga sih sebenernya... *sigh*

Nah, kalo dari perspektif gw, gw juga pernah ngerasain susahnya ngejalanin LDR waktu si Dia kudu penelitian selama 6 bulan di Ostrali, di University of Queensland. Makanya kisah cinta LDR Dika-Kebo yg jadi ide utama cerita ini cukup dalem bagi gw. Rasanya terkenang masa2 kangen2an lintas benua dulu. Untungnya gw termasuk yg selamat ngelewatin masa2 LDR, hehehe...

Trus adegan dimana Dika dan Kebo saling telpon2an sambil ngeliat bulan. Itu tuh gw banget! Gw selalu ngegambarin si Dia dengan purnama, bulet tapi lembut dan bercahaya (fyi sobat muda, si Dia emang orgnya chubby). Makanya seringkali kalo pas malam bulan purnama waktu Dia masih di Ostrali gw suka sms (kalo lagi miskin bgt sampe ga bisa nelpon) dan bilang: “Hey, uda bo2 belum? Coba liat keluar deh, ada yg mirip kamu diatas.”

Oya, gw jg suka adegan telpon2an Dika-Kebo dimana banyak terjadi dead air selama Kebo ngambek. Berasa dramanya. Karena itu juga pernah gw alamin waktu Si Dia lagi marah sama gw pas di Ostrali. Jadi gw bisa ngerasain apa yg dirasain Dika waktu itu. Pulsa telpon yg mahal, ketidakjelasan karena omongan yg ngga ditanggepin, juga kekhawatiran karena kalo sampe pulsa abis dan masalah belom tuntas bisa bikin susah tidur berhari2 setelahnya.

Tapi gw justu pengen ketawa waktu adegan si Kebo yg minta kado untuk ulang tahunnya, dia bilang: “Aku minta kamu, dipitain pake pita warna pink.” Padahal itu adegan ngga gitu lucu, tapi gw ketawa karena tau Nad2 pernah minta hal yg sama buat ulang tahunnya ke seseorang yg jadi ‘partner’nya... Hmm.. yahh, kita sebut saja si Panda. Waktu itu Nad2 bilang, “Aku pengen kadonya kamu, dipakein pita. Tapi rasanya ngga ada pita yg muat ya?” Yahh, makanya punya hubungan jangan ama panda, mendingan sama Tupai.

Apalagi adegan dimana si Kebo nanya ke Dika pas telpon2an: “Jadi menurut kamu aku udah ngga penting?” Hyaa... itu nyindir nad2 bgt yg pernah bilang hal yg sama ke si Panda waktu lagi sensi. Gw ketawa karena surprise Nad2 bisa2nya bilang, ‘si Kebonya kok ga ngertiin banget sih?! Masa karena Dika ga bisa balik ke Indo terus dia nyimpulin kalo dirinya ngga penting buat Dika?’ Well, ngaca atuh Neng...

Makanya gw mengapresiasi Kambing Jantan The Movie ini dengan baik, karena saat nonton film ini kita bisa sama2 menertawakan konyolnya kehidupan Dika, walaupun abis itu mikir, rasanya gw juga pernah deh ngalamin yg kaya gitu. Seperti ngeliat refleksi diri kita di cermin.

Udah ah, gw pengen sholat tahajjud dulu, pengan doa mudah2an Pandanya si Nad2 ngga baca postingan ini, hahahahaha... Sori ya Nad, abis walaupun gw ngedenger curhatan2 lo sambil berurai aer mata (ngga sih, lebay aja ini mah) tapi ga nahan juga buat ga ngakak waktu ada bagian dari film itu yg nyindir elo, hahahahaha....

Luv u my Sist

P.S: Ah, tapi jadi rada nyesel juga ngga nonton bareng si Neng. Dia belom nonton, jadi kalo diajak ngobrol ga nyambung :(
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
16 Maret, 2009 16:26 ×

tapi ada yang berasa ganjil gitu bang di ceritanya. masa si kebo marah + ga ngerti gara2 radit ga bisa balik pas ultah. logikanya, kalo tu cewe masih normal + masih suka dika, harusnya dia ngerti masalah jarak+ongkos, meskipun si radit tajir. jadi terkesan lebai gitu. emang ga menutup kemungkinan bener2 terjadi, tapi kesannya kayak ga logis gitu bang. tapi iya, totally seru, film itu kayak mengungkap hal yang ga dibuka di buku. padahal awalnya gw kira tu film isinya cuma peragaan cerita2 yg ud ada d buku. semoga kambing jantan yg kedua lebih bagus (emang bakal ada?)

Reply
avatar
Anonim
admin
18 Maret, 2009 12:28 ×

WAHAHAHAHAHA SEBUT MEREK SEBUT MEREK!!! Ati2 boz, ntar malah di tuntut gara pelanggaran HAKI ma panda en Nad2. HEHE...

Reply
avatar
20 Maret, 2009 18:10 ×

@rz ard: semoga nantinya blog lo yg jadi film Za.. :)

@Erick: Tenang Rick, Nad2nya mah uda ngasi lisensi (walaupun tetep histeris juga pas bacanya), nah si pandanya ini nih yg ga boleh tau :P

Reply
avatar
21 Maret, 2009 12:27 ×

Things we see in front of our face, sometimes, smart, too...It is one the ideas for bloggerholics to published be a book and movie, too..why not?

Kambing has done.

Simple, cool, and real life....I called this, an urban boy expressed the ideas and all people can see soon, right?

Reply
avatar
Thanks for your comment