Tentang pernikahan

Kemaren gw ke taman wiladatika, cibubur. Ngerapatin nikahannya MbaLeb dan mas Ivan yg bakal diadain tanggal 20 Juli nanti. Inget 20 Juli gw jadi inget sama nikahannya Jetsi, adenya MbaLeb, yg juga tanggal 20 Juli persis setaun yg lalu.

Kenapa gw inget? Karena awalnya gw sempet rada bete pas dateng ke nikahannya taun lalu itu. Soalnya temen2 deket gw pas Forum Indonesia Muda pada ngga dateng. Andi emang ga mungkin dateng karena domisilinya di Surabaya, Awan yg tinggal di Jakarta ga dateng tanpa kabar, dan Hendry yg sama2 dari IPB ga bisa dateng karena harus ngelab. Gw makin bete waktu anak2 FIM dari berbagai angkatan, semuanya foto2 sama kedua mempelai di pelaminan justru pas gw lagi makan. Aaargh!! Tadi2 kemana aja gw tungguin woy?! Ilang dah momen emas buat eksis, hwehehehehe.. :P

Tapi sodara2, ke-bete-an gw seketika ilang waktu gw ga sengaja denger obrolan dua cowo di belakang gw, yg selanjutnya kita sebut oknum 1 dan oknum 2. Kira2 gini obrolannya:

Oknum 1: Ga nyangka ya si Jetsi jadinya sama si Deni
Oknum 2: Iya… Hhh…[menghela nafas] Padahal dulunya gw sempet deg2an setiap ketemu dia
Oknum 1: He-eh, gw juga sempet tergetar pas kenal dia pertama kali
Oknum 2: Sempet ‘berharap’ dong lo?
Oknum 1: Iya sih, emang lo ngga?
Oknum 2: Iya juga sih, tapi udahlah… uda pupus

Isi pembicaraan selanjutnya ngga gw dengerin, ngga konsen. Soalnya butuh effort cukup gede buat nahan nasi di mulut biar ga berhamburan, karena dorongan kuat buat ngakak sampe ngejublak. Ahahahahaha… ada yg patah hatiii…!!!

Gw tuh waktu itu jarang2 dateng ke pesta nikahan, makanya gw geli abis denger 'senandung patah hati' macem gitu. Tapi yg kaya gitu lumrah ya emangnya? Ntar kalo gw nikah bakalan ada ga ya cewe2 yg patah hati karena status gw yg uda taken? Ah, rasanya sih ngga deh. Gw kan ga punya fans. Ngga setelah gw berenti makan daging orok dan bakar menyan setiap bulan purnama.

Ehm, jadi ngelantur...

Sebenernya poin utama dari tulisan gw ini tuh karena gw baru menyadari, yg namanya pernikahan itu kok ya jadi big issue gt yah buat orang2 seumuran gw? Di depan mata gw menyaksikan tmn2 gw yg dulu biasa nakal2an dan jejingkrakan bareng nikah satu persatu. Eits, jangan salah gw ga ada masalah dengan itu! Karena masalahnya ada di diri gw sendiri.

Beberapa tahun yg lalu waktu sekolah masih pake putih abu2 ato pas baru aja jadi mahasiswa emang rasanya kepengen banget nikah muda. Ada semacam hasrat gitu. Tapi sekarang2 ini kalo ditanyain kapan nikah gw malah cengar-cengir minta digampar. Bingung!

Bingung karena untuk ngejawab itu gw dihadapkan dengan keharusan berfikir rasional. Duit dari mana buat nikah? Gimana persiapan buat idup setelah nikahnya? Mau dikasi makan apa juga anak orang, dan... nah, ini dia nih, siapa calonnya? Kalopun udah ada, apa yakin dia orang yg tepat?

Gw pengen deh nanya sama yg udah nikah dan yg akan nikah? Yakin gitu dia orang yg tepat? Kalo yakin, taunya darimana? Apa ada parameter tertentu yg bikin lo ngerasa 'klik' gt? Can someone advice me please?

Soalnya gw bukannya kuatir dan bertanya2 'apakah dia orang yg tepat buat gw?', tapi justru 'apakah gw orang yg tepat buat dia?'

Karena bagi gw,
Menyakitkan ketika melihat orang yang kita sayang bahagia bersama orang lain.
Tapi akan jauh lebih menyakitkan ketika melihat orang yg kita sayang nggak bahagia bersama kita.
Bukan begitu, bukan?

Tapi yahh, sambil menunggu kepastian, kembali gw cuma bisa berdoa. Menundukan kepala, dan juga hati, lalu dengan khusyuk berbisik:

Ya Allah, jika ia jodohku, maka dekatkanlah
Jika ia bukan jodohku, maka jodohkanlah
Jika ia ngga mau jadi jodohku, maka jangan kasih dia jodoh Ya Allah

Amin ya robbal'alamin...


P.S: Err, agak maksa ya sepertinya? :D
Previous
Next Post »
Thanks for your comment