rusak susu se...muanya

Tau dong sama pepatah yang bilang "Karena nila setitik rusak susu sebelangga"? Nah, gw ngerasain versi mutakhirnya: "Karena CMC setengah gelas rusak susu jagung 35 liter." Hakhakhakhak... :D

Jadi gini sobat muda, uda lama gw ga ngapdet blog karena ada beberapa hal yg menyita waktu untuk dikerjain. Setelah minggu kemaren gw ngebantuin Cahyo syuting filmnya Sang Pengumpul Asap untuk ikut EADC, minggu ini gw juga balik ngelab, bikin susu jagung sebagai bahan penelitian gw. Persisnya hari Jumat mipil jagung dan hari Sabtu ekstraksi jagung jadi susu dan mengemas.

Tapi apa daya, untung tak dapat diraih Malang di Jawa Timur, gw salah itung formualasi dan kebanyakan masukin CMC. Susu jagungnya jadi kental banget dan rasanya... aneh! Kesimpulannya sobat muda, produksi gw gagal. Yaks... GAGAL sodara2! *sekali lagi ah* GAGAL!!!

Oiya, FYI buat yg belom tau, CMC tuh turunan selulosa dengan gugus karboksimetil (-CH2-COOH) yg berikatan dengan gugus hidrosa dari monomer glukopironase yg membentuk rantai. Biasanya digunakan sebagai pengental atau penstabil (sedaap! makes me look smarter, rite? :P)

Gw lemes ngeliatin 35 liter susu jagung yg rusak dan bakalan kebuang sia2 karena gw gagal. Tapi wait! Gw ga suka deh dengan kata gagal. Karena sejauh yg gw inget selama ngeproduksi susu kali ini gw ga berenti ngucap 'bismillah' sebelom ngapa2in. Brangkat ke tukang jagung bilang 'bismillah'. Adu otot tarik urat nawar harga jagung bilang 'bismillah'. Mipil jagung bilang 'bismillah'. Nge-ekstraksi jagung bilang 'bismillah'. Sampe pas masukin gula dan CMC pun bilang 'bismillah'.

Berarti sebenernya gw sebelom kerja gw make a deal dong sama Allah? Gw mengatasnamakan DIA untuk aktivitas gw. Makanya apapun hasilnya ya itu ketentuan Allah. Termasuk kalo harus rusak tuh susu. Ya gak?

Emang sih, pedih juga waktu mengkalkulasi kerugian yg gw tanggung. Lima puluh kilo jagung, tiga kilo gula, CMC, dan bahan2 laennya. Udah gitu deposit lab yg berkurang krn pemakaian alat, belom lagi waktu dan tenaga temen2 yg uda bantuin gw mipil dan mengekstraksi, buat angkut2, dan laen2nya lah. Total jendral lima ratus ribu ada kali uang yg uda keluar, lebih dari setengah uang saku gw Bo'! Dan harus ngeluarin segitu lagi. Kembali jadi mahasiswa dhuafa deh gw... :(

Cuma gw coba mikir kaya Thomas Alfa Edison waktu ratusan kali gagal nemuin kawat pijar yg cocok buat bola lampunya. Dia bilang kalo dia ngga gagal, justru dia uda berhasil nemuin fakta kalo ada ratusan bahan yg ga cocok untuk jadi kawat pijar. Keren ya?

Gw juga ah... Gw ga gagal kok, gw justru berhasil ngambil hikmah bahwa:

"Harga kegagalan emang mahal, tapi itu yg bikin keberhasilan tak ternilai!"

Udah ah. Cukup! Ga ada waktu buat meratap, krn ada mimpi yg harus gw kejar. Yuk mariii... :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment