Kenapa Harus Berpikir Besar

Saya baru selesai baca buku ini...


Dan seperti biasa teori2 konspirasi yg ada di buku Dan Brown selalu bikin saya bertanya2 soal kebenarannya. Salah satu yg cukup mengganggu adalah ilmu Noetic. Secara sederhana Noetic ini cabang ilmu pengetahuan yg berusaha mengkaji kebijakan2 kuno, teori2 masa lalu, ataupun hipotesis2 jaman dulu yg lebih mirip dengan mistisme dan ilmu sihir untuk dibuktikan secara ilmiah. Dan maksud ilmiah disini benar2 terukur dengan variabel2 kualitatif dan kuantitatif.

Hasil tanya2 ke Om Gugel dan Tante Wiki sih saya beru tau kalo ilmu ini sebenarnya beneran ada, dan tujuan awalnya memang untuk meneliti lebih dalam tentang potensi manusia. Disinyalir seorang mantan astronot AS, Edgar Mitchel, dan seorang industrialis, Paul N. Temple, yg pertama menggagas berdirinya The Institute of Noetic Science (IONS) di tahun 1973. 

Yg saya suka dari ilmu Noetic ini adalah gagasan bahwa pikiran manusia sebenarnya energi dan memiliki massa, yg karenanya juga memiliki gaya tarik seperti halnya gravitasi.

Nah, inget dong hukum Newton tentang gaya gravitasi benda?? Yg bilang kalo setiap benda yg memiliki massa (misalnya M1) akan menarik benda lain yg juga memiliki massa (M2). Seberapa besar gaya tarik itu tergantung besarnya massa benda. Bumi jelas punya gaya tarik besar yg kita sebut gravitasi, karena massanya pun gede banget.

Lalu kalo pikiran memiliki massa dia akan punya gaya tarik terhadap benda lain, dalam hal ini saya asumsikan terhadap pikiran yg lain. Itulah kenapa seringkali kita selalu gampang kagum dengan orang2 yg punya pemikiran2 besar dan hebat! Dan bahkan secara sadar ataupun nggak kita setuju dan bersedia dengan sukarela ikut serta mewujudkan pemikiran besar itu.

Ada sebuah quote yg saya pernah denger keluar dari temen yg pernah jadi presiden mahasiswa di kampus saya: 

"Setiap pemimpin besar selalu memulai perjuangannya sendiri, tapi mengakhirinya bersama pengikut2nya. Bahkan seringkali diakhiri HANYA oleh pengikut2nya."

Maksudnya tentu aja kalo pemikiran besarnya melampaui batas usianya, Sobat Muda.

Saya ambil kesimpulan kalo inilah alasan kenapa kita harus berpikir besar, bermimpi besar, dan bercita2 besar! Karena dengan besarnya pemikiran itu akan banyak orang2 yg bersedia membantu mewujudkannya. Karena harus diakui, kita memiliki keterbatasan untuk mewujudkan semua mimpi kita sendiri. Yes, we're just a human after all! 

But a humans with big dreams, will always look bigger than they really are! :)

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
hajahsofya
admin
27 Maret, 2013 12:44 ×

nice info! Thanks :D

Congrats bro hajahsofya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment