Boys don't cry!!

“Jadi… ini akhir dari kebersamaan kita?” Tanya gue naif.

“Lo apa-apaan sih? Kaya orang mau putus aja!”

“Ya kondisinya mirip kan?” Jawab gw ngasal.

Dia melihat gue dengan raut prihatin, kemudian menjawab, “Bukan berarti begitu. Gue bilang juga kan kemungkinan gue ga bisa bareng lo lagi, masih kemungkinan lho.”

“Berarti ada kemungkinan sebaliknya?”

“Selalu ada kemungkinan untuk semua hal.” Dia menjawab dengan sabar. Sebelum gue sempet ngomong lagi dia menambahkan, “Makanya doain gw ya. Doa kan senjatanya setiap muslim.” Gue diem. Merenung. Lebih tepatnya membenarkan ucapannya. Bener banget, gimana caranya pasukan muslimin menang lawan pasukan kafir quraisy waktu perang badar? Kalo bukan gara-gara doanya Rasulullah.

Ngerasa kali ini dia bener, gua ngalihin pembicaraan. “Inget waktu kita pertama kali ketemu?”

“AK 10 Techno-F, gimana bisa lupa,” dia tersenyum.

“Hehehehe, duet maut kita dimulai disitu ya? Pas acara presentasi jurnal ilmiah pake bahasa inggris, lo mempresentasikannya dengan sangat ‘sadis’.”

“Iya, tapi lo memoderatorinya dengan lebih gila.” Untuk sesaat kami berdua tertawa. Dia melanjutkan, “kelompok kita satu-satunya yang dapet sambutan meriah waktu presentasi. Waktu itu lo bilang apa deh…?”

“Ngeliat penonton pada BeTe gue tanya ke audiens, ‘Before we go to question term, I want to ask you something. Do you understand what my friend says?’ Waktu mereka bilang iya gw tambahin: ‘Okay, that’s good… Because I don’t understand at all.’ Dan se-AMN pada ngakak.”

“Iyalah, gw juga ga ngerti-ngerti amat. Yang kita terjemahin jurnal ilmiah kali, untuk kapasitas otak anak tingkat 1 jelas berat banget. Gw aja kalang-kabut nyari arti dari umami tuh apa, ternyata pas tingkat 2 gw baru tau itu rasa gurih.” Dan kita berdua cengengesan nginget masa lalu.

“Waktu nge-MC di bedah buku pas TPB, lo inget?” Kali ini dia yang memancing untuk bernostalgia.

“Pasti… Dengan cuma 1 mike yg disediain panitia, kita mesti ngomong berdua, padahal elo lebih tinggi dari gue kemana-mana. Sialan!!” Gue bersungut-sungut. Dia malah nyengir makin lebar.

“Tapi setelah itu kalo kita barengan orang jadi punya cap buat kita ya?” kata dia. “Lo selalu keliatan spontan, ngasal, konyol, dan apa adanya. Sedangkan gw…”

“Sedangkan lo terlihat sebagai good guy-nya gitu?? Woops… jangan terlalu yakin kawan.” Gue memotongnya. Mencegahnya terlalu Pe De, atau malah menginjak gw lebih dalam. Lagi-lagi dia cengengesan. “Untungnya waktu tingkat 1 kita jarang bareng,” gue menambahkan. “Asrama lo C-2, gw C-1. Dari ujung ke ujung.”

“Cepet banget ya waktu berlalu,” ujarnya sambil menghela nafas.

“Iya, rasanya baru kemaren kita satu departemen di Kastrat BEM Fateta Kabinet Pengabdian. Sekarang kita sama-sama jadi pimpinan di kabinet selanjutnya. Besok… nggak ada yang tau.”

“Kangen juga gue sama masa-masa rapat kastrat. Ngobrol ngalor-ngidul sampe tengah malem, makan kacang, minum kopi…”

“Hehehe, lebih mirip pesta bujang daripada rapat itu mah.” Gw menyela. “Lagian, satu departemen isinya cowok semua. Mana kerjaannya ngobrolin politik pula. Klop banget deh.”

“Tapi justru karena klop-banget-deh itu kan, departemen kita dapet award Best of the Best pas akhir kepengurusan. Kinerjanya gila-gilaan.”

“Mmm…” Gw cuma menggumam nggak jelas. Beberapa saat yang berlalu dalam keheningan seolah ngasih kami waktu untuk sama-sama meresapi memori-memori yang berkelebatan dalam benak kami. Dan manampilkannya kembali dalam tayangan singkat, lengkap dengan suasana hati yg kami rasakan saat itu.

“Lo bener-bener yakin mau lulus September tahun depan?” Akhirnya gw memecah kesunyian.

“Sebenernya itu maunya orang tua gw.”

“Tapi rasanya itu bukan alasan untuk resign dari semua aktifitas keorganisasian kan? Lo masih bisa ikut BEM KM sampe saatnya lo lulus, sampe bulan September.” Gw mulai membujuknya lagi.

“Gw ga mau kaya gitu. Karena itu artinya gw ga totalitas dalam memegang amanah. Gw cuma butuh waktu untuk menimbang-nimbang lagi, sebelum ngambil keputusan.”

“Dengan kapasitas seorang pemimpin dalam diri lo, gw harap lo ngambil keputusan yang tepat, Bro.”

“Itu harapan gw juga.” Ujarnya sambil, lagi-lagi, menghela nafas.

“Tapi yang lo harus tau, Bro. Gw hargai apa pun keputusan lo. Gw udah cukup bangga pernah satu departemen dan jadi orang-orang terbaik bareng lo, dan gw juga ngerasa terhormat karena pernah sama-sama ada di jajaran pimpinan BEM Fakultas bareng lo.” Sampai sini gw berhenti sebentar untuk menarik nafas dan berdehem, karena suara gw mulai terdenger bergetar. “Kalaupun gw harus aktif lagi di organisasi, gw mau di organisasi itu bareng lo. Bukan karena gw ga punya pendirian, tapi karena gw bukan orang yang gampang berbagi. Dan gw cuma mau ngebagi beban berat dan keluh kesah itu dengan sahabat terbaik gw.”

Sesaat gw pikir dia akan menjawab, tapi ternyata dia cuma tersenyum dan menyentuh pundak gw. “Thanks,” katanya.

Gw balas merangkulnya. Kami sama-sama tersenyum, untuk kemudian tertawa walaupun mata berkaca-kaca. Karena kami paham, boys don’t cry!


P.S: Untuk salah satu dari sedikit sahabat terbaik gw. Eka Febrial...

Previous
Next Post »
Thanks for your comment