Miskin

Yg namanya jatoh emg ga pernah ngenakin ya?! Sakit. Tapi ada lho jatoh yg ga ngenakinnya pol banget. Tau ga apaan? Yup, jatoh miskin.

Sumpah hari ini gw bener2 dalam kondisi termiskin sepanjang sejarah gw kuliah di ipb. Duit di dompet tinggal tiga ribu perak, tabungan di bank malah hampir ga bisa diambil karena batas nominal pengambilan uang di ATM Bank Syariah Mandiri Rp 100.000,-. Uang cadangan buat keadaan darurat??! Ada sih, recehan yg suka gw kumpulin dari kembalian2 gitu, waktu itu pernah gw itung jumlahnya kurang lebih sepuluh ribu perak. Lumayan sih kalo buat beli makan di sapta yg rata-rata harga makanannya empat ribu sampe lima ribu perak. Tapi jumlah segitu kalo bentuknya recehan mah bikin ilfil buat ditaro kantong. Selain berat, bunyinya itu loh yg bisa nurunin derajat, cring… cring… cring… Salah2 gw dikira kenek angkot.

Atau paling pait kalo jatoh dan berhamburan di jalan, udah males ngambilinnya (apalagi kalo jatohnya di bara yg deket berlin, dimana lalu lintas daerah situ selalu dipenuhi angkot yg dengan setia ngetem), ada kemungkinan juga gw disangka lagi nyawer. Nggak deh…!!

Intinya, gw lagi bener2 ga punya duit. Salah gw sih yg kurang bijak make duit, ga dicatet atau diatur gitu deh. Ditambah tagihan matrix gw yg alamakjanamitamitjabangbabi mahalnya. Abis gw lagi banyak ngubungin org sih buat jadi pengisi acara Leadership Training-nya BEM Fateta. Mau gimana lagi coba?!

Makanya gw mengawali hari ini dengan sangat prihatin. Pagi2 cuma makan batagor yg transit di deket VOC sebelum si abang2nya mangkal jualan di SD yg di Balebak. Pas rada siangan, di kampus cuma bisa ngiler ngeliatin orang2 makan di sapta dengan perut yg mulai keroncongan.

Yahh, buat makan siang paling gw cuma bisa makan coklat dari si Dia yg semalem dikasih, batin gw dalem ati, getir.

Agak lebih siang, pas perut gw uda mulai dangdutan (tarafnya uda bukan keroncongan lagi), Allah menunjukan kuasanya lewat ade kelas gw, Dita anak TEP 42. Pas dia lewat sapta dan ngeliat gw dia bilang:

Dita: Ka irv,, lagi laper ga?? Kapan mau dijajanin?? Kan saya masih ada utang sama kk.

Gw: Hahh?! Utang??

Dita: Iya, yg waktu kk beliin saya soto Pak Haji di Bara waktu kemaren dulu. Kan saya janji mau jajanin kk sebagai gantinya.

Sejenak mata gw berbinar, dan dengan kalap gw celingukan nyari makanan yg paling mahal di Sapta. Ayam baker geprek, nasi padang, atau nasi rames, semuanya kaya ngeledekin minta disikat. Tapi setelah dipikir2, biar ga keliatan terlalu bernapsu atau dibilang aji mumpung, gw cuma minta dibeliin nasi goreng. Bisa turun harkat nanti.

Ahh, bukti kalo Allah emang Maha Pemurah yah…

Sialnya abis itu koneksi internet di Fateta memble. Malah akhirnya putus. Padahal gw harus nge-upload publikasi lomba essay nasional di websitenya BEM Fateta. Kalo gini caranya gw terpaksa ngenet di warnet dong. It means, keluar duit dong. Trus, duit gw abis dong. Kedondong odong dong… dong… dong…

Keluar dari warnet, duit gw bener2 abis, ga kesisa sepeser pun. Yg lebih pait, sejam di warnet ga ngasilin apa2. Publikasinya ga bisa di-upload. Semprul!!

Sambil jalan balik dari Bara ke Fateta gw mikir, kemana aja sih duit gw perginya?? Perasaan seminggu yg lalu masih ada sekitar seratus lima puluh ribuan.

Dan gw inget, gw pinjemin duit gw ke temen. Uda gitu bulan lalu juga ada beberapa temen yg minjem dan belom balikin. Lumayan juga sih jumlahnya, kalo ditotal 200ribu ada kali. Tapi gw ga tega buat nagihnya, lha dia aja minjemnya karena butuh banget.

Gw jadi inget cerita tentang sebuah keluarga miskin dengan dua orang anak. Waktu bokapnya mau mokat dia ngasi wasiat ke anak2nya. Namanya juga orang miskin dan ga punya apa2, wasiat terakhirnya cuma berupa nasehat, yaitu
1. Jangan sering2 kena sinar matahari
2. Jangan pernah nagih utang.
Kedua anaknya mengiyakan dan berjanji ngejalanin nasehat bokapnya, mungkin mereka pikir, “yg penting babe gw ko’it dengan tenang deh”.

Tapi selang beberapa belas tahun berlalu, si kakak udah jadi saudagar sukses yg tajir melintir, sedangkan adenya ga berubah, tetep melarat.
Kok bisa?? Padahal mereka ngejalanin wasiat yg sama dari bokap mereka lho.

Ternyata si kakak bisa sukses karena jarang kena sinar matahari, dia selalu berangkat pagi2 buta buat pergi ke tokonya, dagang, dan baru pulang selepas maghrib. Intinya, kerja keras lah. Udah gitu dia juga ga pernah nagih utang, karena semua pembayaran di tokonya selalu cash. Wajar dong, lha ga ada yg perlu ditagih.

Laen sama adenya yg ga pernah kena sinar matahari, dia cuma ngejalanin bisnis kecil2an yg ga bisa berkembang lantaran jarang keluar rumah. Udah gitu seandainya ada yg punya utang sama dia ga pernah ditagih, inget wasiat bokapnya. Pantesan aja kreatif, alias kere krn ga aktif.

Kalo berdasar cerita diatas, gw sama kaya si ade kali yah? Ga pernah nagih utang. Atau mungkin bukan gw doang yg ky gt, elo juga yah??

Mmm… Cerita diatas sih punya pesan moral yg relatif banget menurut gw, tergantung dari sudut mana lo ngeliat. Jelas kalo dari segi profesionalitas, nagih utang mah perlu, kudu malah. Coba aja bayangin kalo para bankir di Indonesia ga mau nagih utang yg dipinjemin ke kreditor. Ga kebayang kesemrawutan ekonomi yg bisa ditimbulin gara2 kredit macet.

Kalo dari segi akhlak, saran gw aja nih, ga usah takut melarat gara2 ga nagih utang. Patokan kekayaan apa sih?? Kalo emang menurut lo cuma duit sih, Selamat!! Karena lo udah menganut paham materialistis. Kembangkan lagi, dan lo mungkin akan berkembang menjadi seorang komunis atau kapitalis. Adam Smith, Moslow atau Karl Marx pasti bangga karena punya pengikut kaya lo.

Tapi kalo lo ikhlas dan minjemin duit lo dengan setulus hati segenap jiwa raga buat bantuin temen lo, insya Allah lo sebenernya uda kaya guys… Kaya karena keluhuran budi dan kecakapan hati nurani lo.

Ga percaya? Liat aja ntar di yaumul hisab, mukanya siapa yg lebih bersinar.

Yahh, anyway, semoga ini bukan apologi atau sekedar menghibur diri yah. Insya Allah…

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Prince
admin
17 Mei, 2008 14:19 ×

First comment neh! Gue juga pernah ngalamin hal kayak gini, beda tipis. Waktu itu ATM gue patah, meski ada duitnya kudu ngurus sana sini yg cukup ribet dan lama. Najisnya lagi, gue juga punya celengan receh yg setelah diitung ada 200 ribu! Tapi malunya minta ampun bwt dibelanjain. Mana deadline bayar uang wisuda lagi! Di situlah pertemanan begitu bermakna, dengan berat hati gue terpaksa pinjem hehehe...

Congrats bro Prince you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment