Bokap dan hasrat bermusik gw...

Gw jadi inget, senen pagi beberapa minggu yang lalu, sebelom gw berangkat ke bogor dan bokap juga belom berangkat ke kantor, bokap tiba2 ngomong sama gw

Bokap : Pan, kamu mau bass gitar merek apa?? Temen ayah ada yang nawarin tapi mereknya Fender. Bagus ga tuh??
Gw : Hahh?! (Kaget dan heran bokap tiba2 ngomong kaya gitu)
Bokap : Tapi yg rada mahal sih amplifier buat bass-nya, soalnya harganya masih sekitar 4 – 5 jutaan.
Gw : ………?! (Masih heran dengan topik yang diangkat bokap tiba2 ini)
Bokap : Ya kamu liat aja dulu ntar barangnya kaya gimana. Kalo ngga cocok baru ntar ke toko buat nyari yg kamu mau.
Gw : Buat nyari yg Ipan (panggilan gw di rumah) mau??
Bokap : Iya, kan waktu itu kamu minta bass gitar?
Gw : Masa??

Dan ternyata sobat muda, waktu itu yang dimaksud bokap adalah waktu gw kelas 1 SMA, bwahahahahahahah… Gila, uda lama banget. Baru dibahas laginya sekarang. Gw emang bukan tipe orang yg suka minta2 sih. Jadi waktu dulu gw minta dan kayanya nggak terlalu direspon ya gw ga minta2 lagi. Soalnya gw tau waktu itu emang kondisi keuangan di rumah sempet drop untuk beberapa saat.

Yg gw heran kenapa tiba2 bokap ngomongin itu lagi, secara ga ada angin ga ada badai. Gw curiga sih mungkin karena waktu itu pas ade gw dibeliin keyboard, gw nanya berapa harganya. Bokap ngejawab dengan nyebutin sebuah nominal yg lumyan gede. Setengah harganya si BoiBen lah, motor kharisma kesayangan gw. Dan gw waktu itu komentar. “Ooh, lebih mahal dari bass ya…” Apa mungkin bokap kesindir ya?? Hehehehe. Tapi seandainya iya, itu juga kan uda 2 taun lalu. Bujrutt… Ngga abis pikir gw sama bokap.

Tapi yahh, gw mah kayanya uda ga ada minat lagi buat yg kaya gitu. Gw udah menanggalkan keinginan gw untuk bermusik semenjak gw cabut dari band terakhir gw 1 semester yang lalu. Oke, terus terang mungkin lebih tepat kalo gw dipecat dari band gw. Ya wajar aja, setiap kali diajakin latian gw sibuk sama rapat BEM sih, pada hopeless kali temen2 gw. Pokoknya tau2 mereka lagi sibuk rekaman dan uda ada bassist baru yg gantiin gw. Yahh, nasib… T_T

Nih kalo mau liat foto kita waktu lagi manggung di Botani Square…


Berhubung waktu itu personilnya temen2 satu jurusan dan satu angkatan di Teknologi Industri Pertanian IPB, makanya gw usulin nama bandnya BATIN 41, singkatan dari Bandnya Anak TIN 41. Tapi sempet juga sih dinamain IBlaY, singkatan dari Irvan Jablay. Tanpa alasan yg jelas kayanya tuh anak2 kampret lagi pengen aja ngatain gw. Semprull…
Sekarang sih nama band mereka Sound Theraphy. Keren juga sih, udah kaya pengobatan alternatif pake musik gitu. Tapi kenapa ga pijet refleksi aja sekalian ya??

Dan ngomongin soal band gw jadi keinget sama masa2 awal gw ngeband bareng temen2 smp. Dulu gw punya band yg namanya Puser, singkatan dari PUjaan SEtiap Remaja. Impian masa muda lah. Abis kan dulu kayanya asik aja gitu jadi rocker. Terkenal, punya fans banyak dan terutama bisa nyalurin hasrat buat bermusik, walaupun jelas masih belajar.

Pertama kali ngeband gw coba buat megang gitar, tapi beberapa kali belajar gw BT juga, abis tiap kali latian di studio gw pasti mutusin senar gitarnya sih. Kan kudu keluar duit buat gantiin senarnya. Sempet saking sebelnya, waktu gw mutusin senar gitar buat yg ketiga kalinya gw nanya sama mas2 yg jaganya. “Mas kalo saya ganti pake benang kenur yg buat layangan boleh ga? Saya punya banyak tuh dirumah.”

Dengan agak galak si mas ngejawab. “Nggak boleh!” Dan gw pun mengurungkan niat gw buat nawarin alternatif laen buat ngeganti, tali kolor gw. Firasat gw mengatakan kalo gw kayanya emang ga jodoh sama alat musik satu ini. Maka akhirnya pun gw beralih.

Selanjutnya gw minta diajarin temen buat maen drum. Berbekal pengalaman sebagai atlit gebuk kasur se-RT gw mencoba untuk megang drum selama ngeband, gentian sama Eko, temen gw yg emang posisinya drummer. Maklumlah waktu itu juga kita masih finding format, nyari posisi yg oke dulu masing2. Tapi setelah beberapa kali coba maen, ternyata temen2 gw protes, ketukan drum gw ga pernah beres, kadang mantep dan konstan, kadang lari-larian, kadang malah kebanyakan improvisasi yg ga perlu. Akhirnya gw ngalah, gw ganti coba alat musik yg laen. Abis temen2 gw ngancem gw yg bakal digebuk kalo ngga.

Yg paling nyebelin waktu gw coba jadi vokalis. Temen gw yg kebetulan denger ngasih komentar.
Tmn gw : Kalo ada produser yg denger lo nyanyi pasti lo bakal diorbitin Van.
Gw : (jumawa) Masa??
Tmn gw : Yo’i
Gw : Segitu bagusnya yah suara gw?
Tmn gw : Ga gitu juga sih. Maksud gw lo bakal diorbitin ke bulan, abis kalo lo nyanyi suara lo ngeganggu ketentraman orang bumi sih.
Gw : (manyun) ………

Dan akhirnya gw megang bass sampe sekarang. Tapi mungkin emang dasar ga bakat. Berapa bulan ga maen aja jari2 gw udah kaku dan fingering gw udah ga bener. Payah deh…

Makanya beberapa hari setelah percakapan singkat gw sama bokap di atas, gw sms bokap. Gw bilang:
Yah,, gitar bassnya ga jadi aja deh. Ipan uda ga da waktu buat maennya. Gimana kalo uangnya ada buat nambahin Ipan beli kamera DSLR aja. Dari kemarenan udah ngumpulin uang sih.

Bokap pun membalas:
Emang kamera DSLR harganya berapa?

Gw sms lagi:
Yg Ipan incer sih Nikon D70 atau Canon EOS 300D yg harganya Rp 7jutaan. Tapi yg lebih murah kaya Nikon D40 juga gapapa. Harganya Rp 5.500.000

Sms bokap:
Trus kamu udah punya uang berapa?

Gw jawab:
500 ribu perak. Jadi tambahin 5 juta ya, hehehehe…

Dan bokap ga bales sms gw ataupun ngungkit2 tentang ini lagi selama beberapa waktu ke depan. Mungkin topik tentang kamera DSLR ini bakal baru diangkat lagi beberapa tahun yg akan datang. Waktu gw lagi nimang2 anak pertama gw mungkin.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
22 Februari, 2008 16:58 ×

hua ha..haa...kik..kik..ki..kik waduh bokap lo pan... mang umurnya berapa sih,.. keren amat memorunya, ibarat komputer RAM nya bisa ampe 10 giga. dari beberapa tahun yang lalu masi inget, he..he..

Reply
avatar
22 Februari, 2008 17:03 ×

woi pan,, settingan lu buat posting comment kok dibatesin. coba lu tinjau ulang cos yang boleh komentar coma yang punya account di bloger. kalo di bebasin gue yakin bakal lebih banyak yang komentar,
studi kasus niy.. temen sebelah gw berkata:
"yah sayang amat nih... gw jg mau komen, tp gak punya akun bloger sich"

sekali lagi salam aja buat bokap lo yang punya kelebiha (mungkin indra ke 12)he...

Reply
avatar
Thanks for your comment