Eurekaaa!!

Kemaren siang di lab, untuk kesekian kalinya gw nyoba buat gel bioetanol, produk penelitian gw yg rencananya bakal jadi bahan bakar alternatif pengganti minyak tanah kalo jadi. Sekali lagi dengan catatan KALO JADI!!
Soalnya udah ngga keitung (karena emang gw ga itung) berapa kali gw buat gel itu dan gagal. Jangankan bisa kebakar, itu bioetanol berubah jadi kental aja nggak!!

Tapi siang kemarin semuanya beda. Gw ngetes bakar beberapa produk gel yg kemarengw buat dengan metode dan formula berbeda. Dan ketika gw menyulut salah satu gel itu dengan korek api… dengan suksesnya… gel itu terbakar sodara2! Menampilkan api biru. Panas. Cemerlang. Dan menari2 dengan seksinya di sudip logam yg gw pegang.

EUREKAA!!! Alhamdulillaaaaahhh… Gw berhasil!!

Gw berasa pengen joget saking girangnya, tapi gw tahan karena di lab ngga sendiri. Ada Erpi, temen gw, yg walaupun berdiri membelakangi gw, bakal tetep heran kalo tiba2 ngeliat gw nari poco2 atau goyang dombret di dalem lab.

Tapi ngga bisa menahan diri untuk mengeskpresikan kegembiraan, gw ngangkat tangan tinggi2 serasa juara. Yang gw lupa, tangan kiri gw masih megang sudip. Daan... dengan gel yg masih kebakar aja gitu loh!!

Dengan briliannya (gw ga ngerti gimana bisa gini), itu gel di ujung sudip kelempar dan persis mendarat di etanol yg gw taro di tutup botol plastik (Sumpah! ngga ngerti kok bisa kebetulan gitu). Maka…

BLEPP!!!

Etanolnya kebakar sodara2…

Gw: (kaget) Waduh! Gawat nih!!

Berusaha untuk tetep tenang dan cool (najis ya? sempet2nya…). Gw mensugesti diri sendiri.

Gw: Tenaaang… Don’t panic! Don’t panic! Everything is undercontrol. Just calm down!

Sambil celingukan nyari sesuatu buat madamin api.

Gw: Don’t panic… don’t panic!

Ngeliat tabung merah pemadam kebakaran di lab. Ah, ribet ngelepasin pengamannya, pikir gw dalem ati. Ngeliat keran air. Aduh kejauhan.

Gw: Everything is undercontrol. Tenang aja ya Cum… Tenaaaaaangg!!

Nyari2 ember buat nampung aer keran. Duh,, ga ada pula! Sementara api sudah membesar dan mulai melelehkan tutup botol plastik yg gw jadiin wadah etanol. Sampe tuh tutup botol bener2 meleleh, etanol di dalemnya bisa muncrat dan bikin api nyamber kemana2.

Gw: Don’t picnic Cumy! Don’t picnic...!!! (mulai ngaco ngomongnya)

Sementara Erpi nengok dan heran ngeliat antara api yg membesar dan gw yg kalang kabut. Tapi (hebatnya) dengan muka yg tetep lempeng.

Gw: Tenang aja Pi… jangan takut. Sebentar lagi gw padamin apinya
Erpi: Heh?
Gw: Don’t picnic!!
Erpi: ……

Gw masih celingukan dengan parahnya untuk nyari sesuatu untuk madamin api. Sementara apinya makin (tentunya) membesar.

Gw: Ahh… serbet. Kenapa ga dari tadi?! Basahin pake air.
Erpi: ......
Gw: Cepet... cepeeeett!
Erpi: Itu apa sih yg kebakar?
Gw: Gel gw. Nyemplung ke etanol. (sambil ngambil serbet dan ngebasahin pake air)
Erpi: Gel elo? Emang udah bisa kebakar?
Gw: Udah, nih makanya jadi bledug gini. Tapi tenang aja Pi. Ini mau gw padamin.
Erpi: Ooh... Sukses dong lo kalo gitu?
Gw: ......
Erpi: ......
Gw: Aduuh... elo mah Pi. Sempet2nya nanya gitu. Udahlah elo tenang aja! Jangan panik!
Erpi: Siapa yg panik?
Gw: GW YG PANIK KALEEE......!!!

Dan... BLEPP! Akhirnya tuh api bisa gw padamin juga pake serbet basah. Yahh, lumayan lah. Berhubung puasa, udah lama ngga olahraga, jadi alhamdulillah ada sedikit kejadian yg bikin sport jantung. Hu..hu..hu..

Dan yg terpenting, walaupun ternyata belom sempurna, penelitian gw ada kemajuan. YAY!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment