Peringatan 4 tahun pemerintahan SBY-JK

[dimuat juga di www.kmipb.org]

Jakarta - Mahasiswa kembali turun ke jalan. Pada hari senin tanggal 20 Oktober yang lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi di depan istana negara untuk memperingati momentum empat tahun masa kepemimpinan SBY-JK.

Aksi yang diawali dengan long march dari bundaran Hotel Indonesia ini dihadiri oleh lebih dari 500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Mahasiswa menganggap masa kepemimpinan SBY-JK selama empat tahun kebelakang gagal. Oleh sebab itu dalam aksi ini mahasiswa secara simbolik membanting topi caping ke tengah bentangan poster, jerigen minyak, dan batang padi yang gagal panen, sebagai simbol kekecewaan rakyat kecil, petani dan nelayan yang paling menderita akibat kegagalan pemerintah ini.

Aksi kali ini adalah follow up dari simposium nasional BEM SI selama tiga hari sebelumnya di kampus Institut Pertanian Bogor, Bogor-Jawa Barat. Karena sebagai kaum intelektual, mahasiswa menyadari pentingnya kajian mendalam sebelum menjalankan aksi yang akan dilakukan, sehingga setiap orasi yang disampaikan dapat diperkuat dengan bukti-bukti faktual tentang kondisi negara ini.

Aksi sempat memanas ketika terjadi saling dorong antara border mahasiswa dan aparat kepolisian. Namun pada pukul 16.00 mahasiswa membubarkan diri dengan tertib karena aspirasi yang mereka bawa telah tersampaikan. (irv)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment