Ijazah

Holaaa... How are you apa kabar Sobat Mudaa...? :D

Hampir dua bulan gak mengapdet blog ini tapi percaya deh, saya masih idup kok, hehehe. Lagi rada mejret ngerjain project2 yg, alhamdulillah, jadi kerjaan impian sayah sejak masih berdarah2 ngerjain skripshit, di bidang audio-visual.

Nah, quick recap apa aja yg terjadi selama sayah absen dari blogsphere:
  1. Terkapar kena cacar. Duhh, gak elit banget dah ini, derajat ketampanan sempat menurun signifikan, tapi untung gak lama dan pasaran kembali meningkat setelahnya :D
  2. Ngerjain program TV 'Anak Emas', ttg anak2 berfrustasi berprestasi di Indonesia
  3. Bikin video profile personal, buat temen yg mau daftar Indonesia Mengajar
  4. Bikin video profile buat ulang tahun dan launching buku pendiri Alfamart, Pak Djoko Susanto
  5. Siap2 buat lanjut ngerjain program TV 'Orang Pinggiran'.
Tapi selain beberapa hal yg saya kerjain diatas, saya inget beberapa waktu lalu sempet terkejut sampe terkentut2 dan memeluk lutut! Waktu itu saya di hubungin sama Samuan Studio, PH tempat saya biasa mengais rupiah, untuk dimintain ijazah. Berhubung status sebagai pekerja lepas, jadi selama ini saya kerja memang berbekal portofolio doang. Dan waktu itu kebetulan diminta fotokopi ijazahnya buat dikirimkan ke Kantor Berita Antara, karena pernah mengerjakan film dokumenter untuk mereka, buat nandain kalo kru yg pernah kerja sama mereka pernah sekolah kali ya?!

Setelah diminta ijazah saya kalang kabut nyariin. Bongkar meja belajar gak nemu, bongkar lemari gak ada, nanya nyokap gak tau, nanya ke google gak bisa. Hmpf... Padahal katanya mesin pencari nomer wahid sedunia!!


Tapi akhirnya saya baru inget: terakhir berurusan sama ijazah waktu ngurus kelulusan, lulus itu udah berbulan-bulan yang lalu, dari berbulan-bulan yang lalu belom balik lagi ke kampus, berarti ijazahnya masih di kampus, dan belom diambil. Bego. Asli bego!

Lah kok ya bisa lupa sampe berbulan2??

Tapi setelah panik2 gak jelas yang bikin perut jadi mulas, saya malah tersenyum puas. Jadi ketakutan sayah waktu kuliah dulu gak beralasan dong?? 

Maksutnya gini, Sobat. Pernah gak sih ngerasa ngerasa segitu hopelessnya ngejalanin semua alur pendidikan ini sampe2 bertanya ke diri sendiri: 
'Buat apa sih gw pelajarin ini semua?' 
'Emang nanti gue bakal jadi apa setelah lulus kuliah?' 
'Bakal kepake apa yg gw pelajarin ini di kerjaan gw?'
yang mana pada akhirnya malah bikin kita mikir kalo belajar cuma buat ngejar nilai bagus doang. Karena dengan ijazah berisi nilai2 bagus berarti bisa diterima kerja di tempat kerja bonafid, kalo tempat kerjanya bonafid berarti gajinya tinggi, kalo gajinya tinggi berarti jadi orang sukses. Kalo udah sukses ya berarti that's it! That's end of our life!

Well, ehm, saya pernah loh kaya gitu...

Tapi setelah lama berkontemplasi dan mikir2 panjang, akhirnya saya sampe ke kesimpulan kalo apapun kerjaan saya nantinya saya harus suka itu, biar ngejalaninnya dengan suka cita dan sepenuh hati. Saya udah cukup tersiksa dengan belasan tahun belajar sesuatu yg saya gak ngerti bakal kepake apa nggak di dunia nyata. Saya gak mau mengorbankan puluhan tahun sisa hidup saya (kalo berumur panjang ya) dengan ngerjain yg saya gak suka!

Selama berbulan2 setelah lulus alhamdulillah saya udah pernah jadi asisten cameraman, jadi lightman, reasercher, reporter, script writer, asisten produser, line producer, dan malah sempet ditawarin jadi produser untuk kompetisi kewirausahaan tingkat nasional yg diadain sebuah bank pemerintah, sayang waktu itu bentrok sama project lain yg udah jalan duluan.

And you know what... Itu semua saya jalanin dengan senang hati dan tanpa ijazah buat mengawali semuanya. Apa itu berarti kerjaan saya gak bonafid dan saya gak sukses??

"Buat saya kerja itu aktualisasi diri, jadi daripada sekedar jadi pekerja tetap, bukankah tetap bekerja lebih menyenangkan!"

Ahh... Selamat datang di dunia kerja. Gini toh rasanya, ngehehehee... :D



Previous
Next Post »

7 comments

Click here for comments
pege17
admin
18 Februari, 2011 21:16 ×

haha kyak kakak Pege.. Belom wisuda udah kabur duluan dipanggil kerja.. Sampe sekarang belum foto pake toga :P

Reply
avatar
fikri_pyu
admin
19 Februari, 2011 02:46 ×

mantap sekali bang ivan sharingnya, salah satu kerja yang paling mantaf adalah mengerjakan sesuatu yang kita sukai maka kita gak akan pernah merasa sedang bekerja.

Reply
avatar
menone
admin
19 Februari, 2011 07:26 ×

mau jd apa setelah lulusss,.,,,,,,,,,, hehehehehehehe

mbener bgt sob....

salam persahabatan ya sobat....... dr MENONE

Reply
avatar
Miftahgeek
admin
19 Februari, 2011 14:47 ×

Wah, bahaya neh kalo saya juga dimintain ijazah kayak gitu *umpetinijazah

Reply
avatar
19 Februari, 2011 15:47 ×

makasiiiih yah ama ini tulisan....
*skr sambil garuk kepala
so, ola habis lulus mau kemana yah???
aaaargghhhtt....

Reply
avatar
game-bell
admin
27 Februari, 2011 07:03 ×

mantaf bang. ane pengen jadi EO : mohon kerjasamanya bang
ariasky32

Reply
avatar
irvan
admin
13 Maret, 2011 22:34 ×

@pege: yg penting kan ilmunya, bukan toganya :)

@fikri: benuul, berasa kaya senang2 dibayar ya :)

@menone: trims kawan... :)

@miptah: tapi biar gmn, penting juga itu kertas satu, hahaa :D

@olla: semangats!! :D

@aria: go aria go aria go aria go!! :D

Reply
avatar
Thanks for your comment